Refleksi 47 Th KOPRI, Disaat Perempuan Menjadi Garda Gerakan -->

Iklan Semua Halaman

Refleksi 47 Th KOPRI, Disaat Perempuan Menjadi Garda Gerakan

Kamis, 25 September 2014


Korp Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Putri (KOPRI) secara resmi telah berumur 47 Tahun, didirikan pada Kongres III Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Malang Jawa Timur dalam bentuk deprtemen keputrian dan kemudian lahir secara bersamaan dengan Musyawarah Kerja Nasional  (Mukernas II) PMII di Semarang Jawa Tengah tepatnya pada tanggal 25 September 1967.

Sejauh ini KOPRI telah mampu memberikan warna bagi gerakan perempuan Indonesia, dimana kita ketahui  bahwa dahulu tidak mudah bagi kaum perempuan untuk mendapatkan hak dan akses yang sama dengan lawan jenisnya, namun hari ini KOPRI telah mampu membuktikan dan mampu membawa  peradaban serta menjadi pelopor gerakan perempuan Indonesia.

Walau pada dasarnya memang masih tidak sedikit yang mengatakan bahwa “Perempuan Masih Terlalu Lemah Menjadi Seorang Pemimpin” dimana saat jenis kelamin menjadi acuan syaratnya dan kemudian banyak hal yang akan terlihat HOROR bagi mereka saat slogan “Perempuan di Lingkaran POLITIK akan membawa KEHANCURAN”.

Mudah-mudahan hari ini menjadi refleksi bagi kita bersama bahwa keberadaan KOPRI merupakan salah satu gerakan perempuan Indonesia yang masih mempunyai nilai-nilai luhur serta ketuhanan dengan berpedoman pada ajaran Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah serta mempertahankan tradisi sebagai lokomotif gerakan dan perubahan.

Selamat Hari Lahir KOPRI yang ke 47 tahun, semoga akan terus jaya dan berkembang hingga melahirkan sosok perempuan-perempuan hebat di dunia. dan semoga selalu lahir dari seluruh pelosok Nusantara.

Oleh: Rina Arinta Puji Rahayu
*Ketua Kopri PC. PMII Kota Malang